June 3, 2013

Article: Gathering Pesta Rakyat Kebudayaan Skotlandia di Indonesia Kembali Digelar

29 Mei 2011

Tangerang, Info Publik - Jakarta Highland Gathering (JHG) yang ke-32 atau Pesta Kebudayaan Rakyat Skotlandia kembali digelar di Imperial Klub Golf Lippo Village, Karawaci, Minggu (29/5). Sekitar 5.000 peserta dari masyarakat lokal dan komunitas ekspatriat, khususnya Skotlandia dan Inggris, turut berpartisipasi dalam acara ini.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, HE Martin Hatfull ini membawa misi festival amal tahunan dengan menyelenggarakan permainan tradisional ala Highlander  yang ada di Skotlandia. “Acara yang unik ini tidak hanya bagus untuk memperingati kebudayaan, tradisi dan olahraga Skotlandia, namun juga acara yang fantastis untuk seluruh keluarga dan kesempatan bagi semua warga Jakarta, baik ekspatriat maupun Indonesia, turis maupun penduduk berkumpul bersama untuk merasakan pengalaman yang berbeda”, ujarnya.

Dana yang terkumpul dari acara ini disumbangkan ke beberapa lima nominasi yayasan amal yang telah dipilih. Antara lain, Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala (Sekolah Tunanetra), Yayasan Wisma Cheshire dan Yayasan Balita Sehat.

Selain mendapat dukungan dari kedutaan Inggris, JHG ke-32 ini juga bekerjasama dengan komunitas ekspatriat lainnya di Jakarta, yaitu Jakarta International School, British International School, Kamar Dagang Inggris di Indonesia (British Chamber of Commerce in Indonesia) dan British Council.

Program pengembangan komunitas yang telah berjalan adalah Giving Kids a Sporting Chance, Sabtu (28/5), dengan menyediakan pelatihan olahraga gratis untuk ratusan anak Indonesia di berbagai bidang olahraga termasuk sepakbola, rugby dan kriket. Berbagai olahraga tradisional para Highlander memang ditemukan di sini.

Selain itu, beberapa kumpulan grup musik yang mengenakan rok khas Skotlandia (kilt) tampil membawa drum pipa alat musik khas Skotlandia. “JHG adalah tentang musik dan juga olahraga. Tahun ini kami mengharapkan delapan band dari seluruh Pasifik berkompetisi,” ujar Shona Benton, JHG Main Area Coordinator.

Sebelumnya, Pesta Kebudayaan Rakyat Skotlandia didahului dengan Turnamen Golf Amal JHG, Rabu (25/5), dan makan malam amal Scotland in Concert Charity, Jumat (27/5). Sedangkan acara puncaknya ditutup dengan festival kembang api.  (dry)

Lihat tautan asal di sini 

0 Comments:

Post a Comment