June 3, 2013

Article: APEC 2013 Dituntut Tentukan Target Potensial

6 Desember 2012

Jakarta, InfoPublik - Target potensial dalam APEC 2013 adalah menentukan tujuan demi terwujudnya perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka pada 2020 sesuai Deklarasi Bogor.

Hal ini dikemukakan Andrew Elek, peneliti ekonomi Australian National University pada sesi pertama APEC Symposium yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta Kamis (6/12).
Deklarasi Bogor telah mendefinisikan tujuan proses APEC selama hampir dua dekade. Indonesia kali ini memiliki peranan penting untuk sekali lagi sebagai tuan rumah merencanakan strategi untuk mengarahkan forum APEC pada dua dekade selanjutnya.

Strategi yang dapat dilakukan harus termasuk mencapai perdagangan dan investasi bebas dan terbuka pada 2020 setelah itu APEC dapat menetapkan ekonomi regional yang ideal di Asia Pasifik. Pada saat yang bersamaan APEC juga dapat memberikan kontribusi terhadap tujuan kebijakan domestik dan global.

Andrew juga mengatakan bahwa APEC dapat belajar dari ASEAN yang berkomitmen menentukan tujuan-tujuan tertentu untuk menciptakan Komunitas Ekonomi ASEAN pada 2015. ASEAN mungkin tidak akan mencapai semua target pada 2015 namun ekonomi ASEAN akan lebih terintegrasi daripada sebelumnya dibandingkan dengan grup regional ekonomi lainnya.

Maka dari itu APEC juga harus dapat menjadi forum kerja sama yang efektif yang memiliki target yang ambisius, terukur namun juga realistis untuk mencapai pertumbuhan ekonomi regional yang lancar di kawasan Asia Pasifik. (rm)

Lihat tautan asal di sini

0 Comments:

Post a Comment