June 3, 2013

Article: Masyarakat Harus Manfaatkan Sisi Positif Media

29 Mei 2013

Manado, InfoPublik - Media memiliki kekuatan dalam menyebarkan kampanye atau pesan tertentu. Selain itu juga sebagai sumber ilmu pengetahuan dan menyediakan berbagai forum interaktif bagi pengunjung untuk mencari informasi.


Photo by Syahrina Pahlevi
Hal ini diungkapkan Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unisula) Semarang Prof Laode M Kamaluddin di Grand Kawanua Novotel Manado pada Asia Media Summit 2013, Rabu (29/5). "Karena kekuatan media inilah masyarakat harus dapat memanfaatkan sisi positifnya, termasuk media daring dengan kemampuan pemahaman dan analisis konten media," katanya.

Penggunaan media daring secara positif misalnya dilakukan oleh nelayan di Manado, Sulawesi Utara, yang menggunakan internet untuk mencari harga ikan hasil tangkapan mereka melalui situs pencari Google, kemudian berkomunikasi dan menjual langsung ke pelanggan di berbagai negara seperti Jepang, Amerika, Korea, dan Taiwan.

Laode kemudian menjelaskan bahwa menurut data Indonesia Economic Outlook 2012, jumlah kelas menengah Indonesia semakin bertambah. Satu orang dapat memiliki lebih dari satu bahkan hingga tiga telepon seluler yang dapat digunakan untuk mengakses internet. Hingga akhir 2012 Indonesia menempati urutan ke empat terbesar dalam jumlah pengguna internet di Asia setelah China, India, dan Jepang.

Lebih lanjut, Laode mengungkapkan bahwa dengan perkembangan media daring ada lima kecenderungan tren media di Indonesia saat ini yaitu sistem media mobile yang semakin berkembang, tumbuhnya pemasaran melalui media mobile, semakin banyak digunakannya mata uang Dollar dalam transaksi e-commerce, tumbuhnya perusahaan teknologi skala kecil, dan media yang tadinya hanya bersifat penyiaran ke konektivitas antar media. (dry)

http://www.infopublik.net/?page=news&newsid=48897

0 Comments:

Post a Comment