June 3, 2013

Article: Indonesia Kerjasama Pendidikan Penerbangan dengan Selandia Baru

15 Maret 2013

Jakarta, InfoPublik -  Indonesia menyambut baik dan mendukung upaya kerja sama dengan International Aviation Academy New Zealand (IAANZ) dalam bidang pelatihan penerbangan dan membantu memenuhi kebutuhan pilot di Indonesia, khususnya pilot komersial.

Hal ini diungkapkan Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Selandia Baru A Agus Sriyono ketika mengunjungi Christchurch, Selandia Baru dalam rangka menyambut kedatangan grup pertama siswa penerbang Indonesia, Kamis (14/3).

Menurut data Kementerian Perhubungan, Indonesia membutuhkan sekitar 1.000 pilot setiap tahun namun hanya mampu menghasilkan 400-500 pilot setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan kapasitas sekolah pilot yang ada di Indonesia belum sanggup memenuhi pertumbuhan maskapai penerbangan serta pengembangan bandara yang kian meningkat.
Dalam kunjungannya Dubes A Agus Sriyono menyarankan agar kelima siswa Indonesia tersebut menggunakan waktu dengan efektif selama pelatihan agar bisa menyumbangkan keahliannya pada dunia penerbangan Indonesia setelah kembali ke Tanah Air.  

Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer IAANZ Peter Randle mengatakan berharap untuk meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga Indonesia tahun ini dan akan semakin banyak siswa dari Indonesia yang bergabung.

Sedangkan Tim Anderson, Komisioner Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia, lebih jauh menjelaskan industri penerbangan Selandia Baru siap membantu industri penerbangan Indonesia dalam pengembangan sumber daya manusia baik dalam pelatihan pilot, insinyur penerbangan, awak kabin, hingga penyediaan keahlian navigasi dan kontrol lalu lintas udara (Air Traffic Controller).  

IAANZ adalah salah satu sekolah penerbangan tertua di Selandia Baru yang berdiri sejak 1928 dengan kekuatan armada sebanyak 35 pesawat latih dan 38 instruktur penerbang. Kunjungan Duta Besar ini juga dihadiri oleh Kanwaljit Singh Bakshi, anggota New Zealand-Indonesia Friendship Council (Perhimpunan Persahabatan Selandia Baru –Indonesia). (dry)

Lihat tautan asal di sini 

0 Comments:

Post a Comment