December 15, 2013

HelloFest Usung Tren Baru Film Pendek

Published 11 November 2013


Jakarta, InfoPublik - Tren karya film pendek anak muda kini sudah lebih variatif. Dalam ajang HelloFest 9 Anima Expo, kategori film pendek yang turut berpartisipasi sangat bervariasi.

“Karya film pendek yang kami terima  lebih variatif dari tahun sebelumnya. Kali ini ada kategori film pendek 8 detik yang jumlahnya mencapai hingga lebih dari 400 film. Dengan antusiasnya, peserta  bisa melihat bahwa pakem anak muda dalam membuat film pendek kini tidak hanya terpaku pada film 5 atau 3 menit tapi dalam hitungan detik pun mereka dapat menghasilkan karya,” ujar Wahyu Aditya, Founder HelloFest, di Kompleks Kolam Renang Senayan, Jakarta, Minggu (10/11).

Sementara itu, salah satu juri internasional yang didatangkan British Council sebagai mitra HelloFest mengaku sangat terkesan dengan karya film pendek yang masuk. “Saya sangat terkesan dengan keragaman cerita dan gaya film pendek yang masuk. Semua karya memiliki kekuatan masing-masing,“ papar Kieran Argo, Animation Programme Manager British Encounters Short Film and Animation Festival.

Kieran melanjutkan, pemutaran film dari Inggris dan negara-negara lainnya dapat menjadi media edukasi animator Indonesia untuk membuat film animasi yang lebih berkualitas lagi. Begitupun sebaliknya dengan kerjasama ini film animasi Indonesia dapat ditayangkan di Inggris dimana banyak perusahaan animasi Inggris akan melihat karya animator Indonesia. “HelloFest merupakan cara yang bagus untuk bertukar ide dan menambah wawasan mengenai film pendek dan kami berharap kolaborasi antara HelloFest dan British Council akan semakin besar dan kuat,” imbuhnya.  

Selain kompetisi film pendek, cosplay KostuMasa mendapat animo yang sangat besar dari peserta yang mencapai hingga 1500 orang, itupun panitia harus terpaksa menutup pendaftaran online akibat keterbatasan slot panggung yang tersedia. Wahyu Aditya juga sangat mengapresiasi kreatifitas kostum peserta, “Kostumnya kece-kece dan keren karena tidak lagi hanya sekedar kostum biasa namun mereka sudah melengkapi efek khusus pada kostumnya, ini sesuai dengan harapan kami agar HelloFest menjadi wadah anak muda berekspresi dan berimajinasi. Hari ini pastinya akan lebih ramai lagi karena yang datang adalah tim KostuMasa dengan berbagai tema.”

Hari kedua HelloFest9 Anima Expo juga akan ada acara khusus Rebranding Jakarta Powered by Youth dan Jakarta Cosplay Parade sebagai sosialisasi re-branding kota Jakarta dengan melibatkan partisipasi anak muda. Sebagai kick off program ini HelloFest akan menyerahkan beberapa desain ikon kota Jakarta untuk merubah citra ibukota yang kaku dan formal menjadi lebih dinamis.

HelloFest9 Anima Expo diakhiri dengan pemberian penghargaan HelloFest Award untuk setiap kategori dari pemenang film pendek animasi dan non animasi, film 8 detik, film 101 Ways to Enjoy Jakarta, booth terheboh, mural dan grafiti serta cosplayer terkeren.

0 Comments:

Post a Comment