September 18, 2016

Place: Eduplex, Usung Konsep Co-working Space yang Kekinian


Sebenarnya co-working space bukan konsep yang terbilang baru. Hanya saja kini tempat yang menawarkan konsep ini semakin menjamur di sekitaran Jabodetabek dan tentunya Bandung. Kalau dulu eranya coffee shop dan café, kini eranya co-working space.

Co-working space lahir karena semakin banyaknya tenaga kreatif independen (freelance) juga seiringnya dengan banyaknya orang meeting di café-café ketimbang ruang rapat mereka sendiri. Namun meeting dan bekerja di café dirasa banyak gangguan; tidak bisa berlama-lama, suara pengunjung lain yang bising, dan perlengkapan kantor yang tidak ada. Begitu pun bagi freelancer, bekerja di rumah kerap terganggu karena sering diminta bantuan keluarga. Tren digital start up juga menjadikan konsep co-working space ini sudah pasti ada pasarnya.

Salah satu tempat yang mengusung co-working space di Bandung adalah Eduplex di Jalan Dago No 84 (Dago bawah). Dari luar, bangunan ini sudah terlihat eye-catching dengan warna kontrasnya. Sekilas tempat ini seperti bimbingan belajar. Lantai dasar adalah café kantin sedangkan co-working spacenya ada di lantai dua. 

 
Saya hanya sempat menjajal cafenya saja. Kalau dilihat memang cafenya pun cocok untuk bekerja. Pengunjung bebas mau pilih tempat duduk tinggi, sofa, atau di ruangan model kantin. Pencahayaan yang pas untuk bekerja dan di setiap meja tersedia colokan listrik. Wifinya pun cukup kencang meskipun ketika saya datang hanya ada beberapa pengunjung di sana. 






Camilan andalan salah satunya adalah tahu goreng pedas. Harganya yang terjangkau, porsi banyak dan rasanya yang lumayan menjadikan tempat ini juga menjadi tempat belajar mahasiswa Bandung. Baik untuk mengejar target skripsi atau sekedar mengerjakan tugas dan bertukar pikiran dengan kelompok belajar. 


Jika dibandingkan dengan co-working space di Jakarta, biaya member di Eduplex jelas lebih murah. Pengunjung memang lebih nyaman bekerja di tempat seperti ini daripada café/coffee shop biasa. Kalau ada perpustakaan dengan koleksi buku pengetahuan yang lengkap tentu akan lebih keren lagi. Satu lagi, tempat ini buka 24 jam! Surga bagi para insomnia yang juga mengejar deadline.        

1 Comments: