January 5, 2020

PNS, Profesi Gampang, Aman, dan Terjamin


Udah lama sebenernya nulis ini di note handphone. Baru sekarang sempat upload. Kebetulan lagi nonton kdrama School 2017 yang juga ceritain tentang struggle anak sekolah untuk dapetin kerjaan stabil ketika mereka dewasa. 

I just hope the education system in Indonesia can introduce many professions since early years. Or do they already did that? Semoga pendidikan dan orangtua lebih memperkenalkan beragam profesi ke anaknya. Ada profesi lain selain guru, dokter, polisi, akuntan ataupun profesi lainnya yang sudah umum diketahui murid era gue. Mereka bisa jadi ilustrator, komikus, penulis novel, penata panggung, sound engineer dan beragam profesi lain. Kalau ga diperkenalkan dari awal ya jadinya profesi lain ga berkembang dan ini yang mungkin juga menyebabkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia kurang banyak berkembang.

Semoga orangtua mulai berhenti bilang jadi PNS adalah pekerjaan paling mudah, aman dan terjamin. Jadi PNS harusnya kerjanya berat karena menyangkut langsung kepentingan publik. Ga hanya PNS tapi juga berhenti mengarahkan ke profesi tertentu semata-mata profesi itu bisa menghasilkan banyak uang. Dari awal aja udah diajarin orientasi uang. 

Kalau dikit-dikit pengen aman ya susah ujung-ujungnya jadi SDM yang mau cari 'aman' aja bukan bertanggungjawab. Leadership pun kurang karena jadi leader itu posisi yang ga aman lho. Posisi mau aman aja biasanya bos.

Terjamin? Masih hidup di dunia kayaknya ga ada jaminan pasti juga. Kadang roda memang berputar dan habit berpengaruh banyak. Biarpun kerjaan terjamin tapi kredit sana sini akhrnya ga akan cukup juga. 

Agak gatel ngomong ini karena ini udah kayak doktrin dari generasi sebelumnya yang selalu diteruskan. Liat kenyataan langsung bagaimana ada yang masih kecewa dan meratapi ga jdi PNS. Soal mengagungkan PNS ini juga merembet perihal cari jodoh. Ada lho ortu yang ngerasa aman kalau calon mantunya PNS or kerja di perusahaan BUMN. Bahkan ada ortu yang pengen calon mantunya spesifik dari perusahaan & lulusan universitas negeri terkemuka tertentu. I'm not kidding about this, ternyata masih ada yang kayak begitu.

Jangan juga jadi PNS yang sekedar mau membahagiakan orantua. Jadinya ga ada passion, kerja sekedarnya. Kalau yang dipengen ortu akhirnya kamu juga suka then it's very good tapi kalau ga ya jadi ala kadarnya aja.

It's not the end of the world if you're not becoming what everybody wants to be. Dunia ga berakhir kalau kamu ga jadi PNS. Masih banyak kesempatan lain di luar sana yang bisa dieksplor. Jadi semoga di generasi mendatang pembicaraan profesi ketika kumpul keluarga semakin meriah, ga melulu seputar menjadi PNS. Not saying that i never want to try to become civil servant but really this is getting too much that i can handle.

0 Comments:

Post a Comment