October 26, 2014

Article: China Usulkan Pertukaran Informasi Dengan ASEAN

Nanning, InfoPublik - Interkonektivitas untuk pertukaran informasi diantara China dan ASEAN diangap penting untuk memajukan perdagangan di antara kedua kawasan tersebut.

Kerjasama ASEAN dengan China telah dimulai 2003 lalu dan diharapkan tetap akan berlanjut di berbagai bidang oleh kedua belah pihak. 


Dalam pembukaan the 1st China-Asean Cyberspace Forum di Li Yuan Resort, Nanning, Guangxi Zuang Autonomous Region (18/9), Menteri Administrasi Cyberspace, China Lu Wei menyampaikan usulannya untuk membangun interkonektivitas melalui skema China-Asean Information Hub.

Presiden Republik Rakyat China XI Jinping pernah menyampaikan perhatiannya untuk lebih mempererat kerja sama dengan ASEAN. China dan ASEAN akan menghidupkan jalur perdagangan maritim di abad 21 yang dikenal melalui the 21st New Maritime Silk Road. Hubungan ini diharapkan dapat membangun kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan perdagangan. 

Lu Wei kembali menekankan bahwa kerja sama tidak dapat berjalan tanpa adanya pertukaran informasi. Hanya melalui pertukaran informasi maka China-ASEAN dapat saling mempercayai satu sama lain dan membangun hubungan yang lebih dekat. 

Namun Lu Wei juga menekankan pentingnya saling menghargai kedaulatan negara lain dan perlindungan konsumen dalam kerja sama pertukaran informasi ini.

“Kita harus mempercepat ketersediaan akses internet dan kebebasan informasi namun tetap memastikan keamanan pengguna dan tidak mengganggu kedaulatan negara lain,” ujar Lu Wei.

China juga menyampaikan minatnya untuk kerja sama pembangunan infrastruktur internet dengan ASEAN sebagai upaya untuk mengurangi angka kemiskinan. 

ASEAN memiliki banyak potensi untuk pengembangan ekonomi dan perdagangan elektronik. Era internet telah mengubah pola perdagangan hingga menjadi lintas batas negara. “Total populasi ASEAN diperkirakan 600 juta dengan pengguna internet sekitar 100 juta orang yang terus tumbuh sekitar 30 persen setiap tahunnya. Potensi ini membuka banyak kesempatan untuk pengembangan ekonomi,” ungkap Lu Wei. 

Penyebaran informasi melalui akses internet dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah. “Saya melihat dari 10 tujuan pariwisata di dunia delapan diantaranya ada di ASEAN. Saya berharap melalui kerja sama ini diantaranya situs web ASEAN dapat mempromosikan China dan sebaliknya."

Lihat tautan asal di sini

0 Comments:

Post a Comment