October 26, 2014

China-ASEAN Hasilkan Draf Konsensus Nanning

Nanning, InfoPublik - Pertemuan the 1st China-ASEAN Cyberspace Forum hasilkan rancangan Konsensus Nanning yang akan didiskusikan lebih lanjut oleh masing-masing anggota ASEAN di negaranya.

Pada pertemuan ini pihak China mengusulkan terbentuknya China-ASEAN Information Harbor untuk membangun konektivitas antara China dengan kawasan tersebut guna meningkatkan kesejateraan masyarakat dalam bidang perdagangan dan pertukaran informasi. 

“Tujuan kerjasama ini untuk kesejahteraan dan keamanan masyarakat di kedua belah pihak dalam bidang dunia siber dan perdagangan lintas batas melalui elektronik,” kata Zhang Feng, Ketua Insinyur Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Republik Rakyat China menjelaskan ketika menutup acara the 1st China-ASEAN Cyberspace Forum di Nanning, Guangxi Zuang Autonomous Region, China (19/9).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ASEAN adalah mitra strategis China dan perusahaan telekomunikasi China siap membantu dalam membangun infrastruktur telekomunikasi di pedesaan dan lisensi.

“China-ASEAN memiliki potensi besar dalam kerja sama bidang teknologi informasi termasuk membangun jaringan telekomunikasi bersama. Kami berharap kerjasama ini akan membangun saling kepercayaan antara ASEAN dengan China,” ungkap Zhang Feng.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Setyanto P. Santosa, Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) mengatakan agar China-ASEAN Information Harbor harus sejalan dengan ASEAN ICT Masterplan yang telah disepakati antar negara-negara ASEAN sebelumnya. 

Hasil pertemuan tersebut dirangkum dalam draft Konsensus Nanning yang diantaranya memuat tentang kerjasama percepatan konektivitas internet, pengamanan internet dan pemberantasan kejahatan dunia siber. 

Acara itu juga dihadiri petinggi beberapa perusahaan telekomunikasi dan e-commerce China seperti Alibaba Group, ZTE Corporation, Huawei Technologies, China Telecom, China Unicomm, Sohu, Qihoo360, Weibo, dan Baidu.

Lihat tautan asal di sini

0 Comments:

Post a Comment