September 29, 2013

UKM Perempuan, Penggerak Ekonomi Asia-Pasifik

Photo by Syahrina Pahlevi
Bali, APEC 2013 – Usaha Kecil Menengah (UKM) terutama yang dimotori oleh wanita dapat menjadi penggerak ekonomi yang besar di Asia Pasifik. Hal itu dikatakan oleh Menteri Koperasi dan UKM Indonesia, Syarief Hasan ketika membuka The 3rd Women and Economy Forum (WEF) di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali, Indonesia.

Indonesia seperti halnya negara lain di kawasan Asia Pasifik memiliki tantangan besar dalam memajukan UKM. Salah satu upaya pemerintah, jelas Syarief adalah memberikan kemudahan kredit bisnis terutama bagi perempuan pengusaha UKM.Itu, tambah dia, juga ditujukan untuk meningkatkan angka pengusaha UKM Indonesia yang saat ini jumlahnya baru 2%.

Sesuai tema WEF kali ini yaitu Women as Economic Drivers, Syarief berharap para delegasi Ekonomi APEC dapat saling bertukar pengalaman dan ide dalam pengembangan UKM perempuan. Selain itu, tambah dia, terjalin kerja sama agar produk UKM dapat memenuhi pasar dunia.

"Indonesia mendukung promosi produk UKM dalam negeri. Kami ikut berbagai ajang pameran, nasional maupun internasional. UKM tumbuh, masyarakat kawasan Asia Pasifik sejahtera," kata dia.

Dalam kesempatan ini Syarief turut serta mengajak para delegasi WEF untuk memperpanjang kunjungannya di Bali dan membeli produk UKM Indonesia. (vina.f/ed: dimas)


0 Comments:

Post a Comment