August 24, 2013

Travel: Hot Roast Chestnut di Petalling Street

Roasted Chestnut di Petalling Street
Kalau Anda menyambangi daerah Petalling Street ada panganan pinggir jalan yang menarik yaitu roast chestnut. Buah chestnut ini juga sering disebut kastanye (dari bahasa Belanda kastanje) atau berangan. Harganya cukup murah seingat saya. It’s a must to try karena di Indonesia biji chestnut ga banyak tersedia. Pernah saya temukan di Grand Lucky tapi kualitasnya pun sudah jelek. Karena biasanya hanya tersedia di daerah empat musim terutama pada musim gugur, sepertinya buah ini tidak begitu tahan lama di iklim Indonesia yang tropis. Tapi saya juga agak heran kenapa buah ini ada di Malaysia. 

allmalaysia.info
Wangi chesnut panggangnya benar-benar menggiurkan buat saya. Tadinya teman seperjalanan mengira ini salah satu makanan 'terlarang' karena wanginya yang cukup khas hahaha. Sekali lagi kalau Anda penggemar biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian hot roasted chestnut di sini wajib dicicipi. Chestnut panggang di sini juga sepertinya diberi garam sehingga agak sedikit asin yang justru menambah cita rasa manisnya. Sekali icip kita berdua malah ketagihan dan rebutan .

Sepanjang Petalling Street saya hanya menemukan satu penjual roast chestnut yang lokasinya ada di perempatan jalan. Penjual memanggangnya bersama pasir khusus dengan wadah besi besar yang terdapat putaran untuk mengaduk chestnut.


Kalau di Jakarta chestnut ini mungkin ibaratnya mirip kacang rebus yang dijual di pinggir jalan dengan wadah-wadah kertas dan dimakan sebagai camilan sembari jalan-jalan atau ngobrol. Tapi cita rasanya jelas jauh berbeda. 

0 Comments:

Post a Comment