January 10, 2016

Article: Most Anticipated Pop Culture Event 2016 in Jakarta

Buat yang suka dengan pop culture mumpung masih awal tahun, berikut info acara pop culture yang menarik untuk dikunjungi: 

1. Popcon Asia 2016 @PopconAsia 
12-14 Agustus 2016, Jakarta Convention Center
www.popconasia.com

Menyusul kesuksesan Popcon Asia 2015 lalu, #PopconAsia 2016 kembali diselenggarakan dengan tema yang berbeda. Sebelumnya Popcon Asia bertemakan galaksi luar angkasa. Hingga saat ini penyelenggara masih merahasiakan temanya namun memberikan hint penggantian istilah Artisan Barrack dari yang sebelumnya Artisan Alley untuk creative exhibitors-nya. 

Saat ini penyelenggara sedang memberikan diskon 20 persen untuk early bird exhibitor yang mendaftar 5 Januari – 29 Februari 2016.

The Poppies (sebutan untuk pengikut Popcon Asia) turut antusias menebak tema tahun ini mulai dari tema pemerintahan yang terinspirasi dari Barrack Obama hingga bertemakan sepakbola dari pesepakbola Jerman Michael Barrack. 

Pengalaman saya sendiri ketika mengunjungi PopconAsia 2015, acara ini termasuk well-organized dan nyaman karena lokasi indoor di Jakarta Convention Center. Flow keluar masuk pengunjung juga cukup smooth. Yang unik dari acara ini karena tidak hanya untuk penggemar manga, cosplayer, dan toys tapi juga digital creative seperti augmented reality, 360 virtual movie, dan produk kreatif digital lainnya. 

Jika melihat gambar di bawah ini kira-kira apa ya tema Popcon Asia tahun ini? 


2. Jakarta Comic Con 2015 @ JKTComicCon
30-31 Juli 2016, Jakarta Convention Center
www.becterotruevisions.com/show/jakarta-comiccon

Event pop culture #JakartaComicCon #JKTComicCon termasuk santer gaungnya dalam mendatangkan crowd tahun lalu. Meskipun ada komentar pribadi pengunjung yang berpendapat tiketnya terlalu mahal dan lokasi di JIEXPO yang panas dan terlalu jauh, BecTero True Visions bersama Megindo akan mengadakan yang kedua kalinya tahun ini.

Hanya saja kali ini mungkin Jakarta ComicCon belajar dari pengalaman tahun lalu yang sekarang merubah lokasi ke Jakarta Convention Center. Event ini sama dengan acara Comic Con serupa yang diadakan di Bangkok. 

Perbedaannya dengan acara pop culture lainnya, Jakarta Comic Con lebih menjual film Hollywood yang diadaptasi dari Marvel dan DC serta serial anyar seperti HBO dengan The Game of Thrones. Tahun lalu kedatangan Kelly Hu artis X-Men dan replika The Iron Throne menjadi daya tarik utama. Selain HBO ada juga booth FOX, Universal Channel, United International Pictures, serta studio film internasional dan nasional lainnya.  



3. The Jakarta 12th Toys & Comics Fair 2016 @JakToysFair
5-6 Maret 2016
http://jakartatoysfair.com/

The Jakarta Toys & Comics Fair adalah acara tahunan yang cukup banyak dinanti oleh penggemar komik dan juga mainan. Tahun ini penyelenggara masih dikerjakan Sacca Production. Namun belum jelas apakah lokasi akan sama dengan tahun lalu di Balai Kartini. Sepertinya acara ini lebih mengutamakan kolektor-kolektor mainan dan games. Jadi kalau ada yang ingin hunting koleksinya cocok berburu ke sini. 



4. Ennichisai 2016 @ennichisaiblokm  
14-15 Mei 2016, Blok M 
http://www.ennichisaiblokm.com/

Terkenal dengan deretan restoran Jepangnya, kawasan Blok M sejak tahun 2010 menyelenggarakan Festival Ennichisai. Festival ini wajib didatangi untuk yang menyukai segala hal berbau Jepang seperti kuliner, seni, budaya, pertunjukan tradisional Mikoshi, Dashi dan sebagainya. 

Kawasan Blok M selama dua hari akan disulap menjadi Little Tokyo. Kemampuan acara ini mendatangkan sekitar 200 ribu pengunjung menjadikannya bagian dari agenda pariwisata Kota Jakarta. 

Blok M akan dihiasi dengan Chochin (lampion Jepang) dan sekitar 150 ribu booth yang menyediakan makanan dan barang-barang khas Jepang. Siapkan kamera Anda untuk mengabadikan matsuri (festival) khas Jepang di Jakarta. Oh ya kabarnya pengunjung juga bisa foto dengan baju kimono di sini.


5. HelloFest 2016 @hellofest
http://hellofest.com/

Meskipun belum jelas tanggal dan lokasinya, Mas Waditya dari Hello Motion mengkonfirmasi bahwa akan ada pagelaran HelloFest di akhir tahun 2016 setelah tahun lalu mereka vakum karena kesibukan Frankfurt Book Fair. Padahal bisa disebut HelloFest adalah konsep acara pop culture yang lebih dulu dikenal dengan Kementerian Desain RI (KDRI)-nya.     

Tahun 2016 HelloFest tetap menggarap dunia print, video dan multimedia. Mereka juga tetap melakukan kunjungan ke berbagai kota di Indonesia dalam bentuk seminar, pemutaran film hingga workshop intensif untuk menginspirasi dan mencari bibit baru pencipta konten lokal.

0 Comments:

Post a Comment